Sumatran coffee


                                                                             
                                                 SUMATRAN COFFEE


Dunia kopi semakin hari semakin berkembang. Para peminum kopi kini sudah mulai bisa membedakan mana kopi yang berkualitas dan buruk. Kopi yang tergolong dalam kualitas baik inilah yang kemudian mendapatkan sebutan sebagai Specialty Coffee atau Kopi Special.

      Syarat sebuah kopi bisa disebut sebagai Specialty Grade
  1. Perkebunan dikelola dengan cara organik. Hal ini tidak menjadi ukuran mutlak, karena masih banyak juga Specialty Coffee yang dihasilkan dari perkebunan non organik
  2. Petik Merah. Petani hanya memetik buah kopi yang berwarna merah saja, yang kemudian diproses menjadi green bean.
  3. Memiliki total defect <4%. Jika dalam 1kg green bean specialty coffee, maka total defect atau biji rusak tidak boleh lebih dari 40g.
  4. Memiliki nilai cupping test >80. Tidak semua kopi bisa mendapatkan nilai >80, hanya kopi special yang diolah dengan cara yang tepat saja yang dapat mendapatkan score diatas 80.

Kini kopi special telah populer diseluruh dunia. Hampir seluruh cafe dan coffee shop di dunia kini menyajikan Specialty Coffee. Oleh karena itu, khusus untuk Indonesia sendiri, ekspor Specialty Coffee dalam 10 tahun belakangan ini semakin meningkat. Kopi Indonesia yang kaya rasa telah diekspor hampir ke seluruh dunia



1. Kopi Gayo
Dataran tinggi Gayo di Aceh sudah lama dikenal sebagai kawasan penghasil kopi-kopi berkualitas—bahkan di Indonesia. Kebanyakan produksinya adalah arabika, meski ada juga jenis robusta yang diusahakan di sini. Cuma, jumlahnya tidak sebanyak arabika. Tahun 2010 lalu, kopi Gayo telah mendapat sertifikat Fair Trade dari Organisasi Fair Trade Internasional. Di bulan Oktober di tahun yang sama, kopi Gayo juga memperoleh skor tertinggi pada ajang Indonesian Specialty Coffee Auction yang semakin menandai varietas ini sebagai salah satu kopi organik terbaik—di dunia

2. Kopi Lintong
Bibit kopi Lintong dibawa oleh kolonial Belanda pertama kali sekitar tahun 1888. Lokasi penanaman kopi waktu itu terkonsentrasi di daerah-daerah pegunungan Bukit Barisan dekat Danau Toba yang memiliki ketinggian ideal untuk pohon kopi, temasuk daerah sekitar kecamatan Lintong Nihuta, kabupaten Humbang Hasundutan. So, kopi Lintong ini berasal dari (kata) Lintong Nihuta. Sejak dulu, kopi Lintong termasuk favorit para peminum kopi di Eropa karena rasanya yang kuat dan aromanya yang cukup khas.
Wilayah tumbuh: daerah sekitaran kabupaten Humbang Hasundutan, yaitu kecamatan Lintong Nihuta (1,400-1,450 mdpl), kecamatan Dolok Sanggul (1,450-1,600 mdpl) dan sekitar Danau Toba.

3. Kopi Sidikalang
Kopi Sidikalang termasuk salah satu andalan dari Sumatera Utara. Aromanya yang khas –dan bagi sebagian besar penggemar kopi nikmat– disebut sebagai daya tariknya. Sidikalang sendiri merupakan ibukota kabupaten Dairi yang berada di daerah pegunungan yang beriklim sejuk. Daerahnya yang berdekatan dengan kawasan Bukit Barisan memberikan keuntungan karena menyebabkan tanahnya sangat subur.
Wilayah tumbuh: Sidikalang dan sekitarnya dengan ketinggian sekitar 1,300 – 1,450 mdpl.

4. Kopi Tanah Karo
Konon tanaman kopi di daerah Tanah Karo sudah dikenal sejak awal tahun 1900-an karena kolonial Belanda membawanya ke dataran Eropa. Saat ini varietas utama yang dikembangkan di Tanah Karo adalah arabika.
Wilayah tumbuh: Sekitar Berastagi, Kabanjahe dan kaki gunung Sinabung dengan ketinggian berkisar antara 1,275 – 1,300 mdpl

5. Kopi Minang Solok
Kopi Minang Solok semakin dikenal setidaknya sejak 2-3 tahun terakhir. Karakternya yang unik membuat kopi jenis ini cepat digemari dan, tidak heran, kalau ia pun segera melesat menjadi primadona baru di kelas kopi-kopi Sumatera.
Wilayah tumbuh: dataran tinggi kabupaten Solok, Sumatera Barat yang dekat dengan lereng gunung Talang. Ketinggian daerah ini berkisar antara 1,200 – 1,600 mdpl.
    
6. Kopi Kerinci
Hampir mirip dengan Minang Solok, produksi kopi-kopi dari Kerinci juga semakin menggeliat sejak 2-3 tahun terakhir. Meski kebanyakan produksi kopi wilayah ini umumnya adalah robusta, namun varietas arabika juga semakin mendapat konsentrasi dari para petani sejak tahun 2014. Selain robusta dan arabika, Jambi (termasuk Kerinci) juga menghasilkan varietas Liberica.
Wilayah tumbuh: kabupaten Kerinci Jambi yang berada di sekitar gunung Kerinci, daerah ini memiliki ketinggian sekitar 500-1,500 mdpl dan memiliki kandungan bahan organik cukup bagus pada tanahnya. Wilayah penanaman tersebar di beberapa kecamatan seperti Gunung Tujuh, Batu Ampar, Sungai Penuh dan Solok Selatan

7. Kopi Bengkulu
Bengkulu disebut-sebut masuk ke dalam area segitiga-emas-penghasil-robusta, selain Sumatera Selatan dan Lampung. Area ini sebenarnya memiliki kontur dan ketinggian yang ideal untuk menanam kopi, yaitu di sekitar Gunung Kaba yang tingginya 800-1,400 mdpl. Hanya saja, kebanyakan para petani dan penghasil kopi di Bengkulu masih jarang sekali—kalau tidak bisa disebut tidak pernah—mendapat pelatihan dan penyuluhan tentang proses kopi dari luar sehingga kopi-kopinya pun cenderung diproses dengan “seadanya”. Namun setidaknya satu tahun terakhir sebagian kecil petani muda dari Bengkulu telah mulai melek untuk memproduksi kopi dengan lebih baik.
Wilayah tumbuh: daerah sekitar lereng Gunung Kaba dengan ketinggian sekitar 800-1,400 mdpl.


8. Kopi Lampung
Kopi merupakan komoditas unggulan di Lampung dan bukan rahasia lagi kalau salah satu perusahaan kopi instan yang cukup terkenal di Indonesia memiliki perkebunannya di sini. Lampung juga terkenal sebagai penghasil kopi-kopi robusta karena wilayahnya dianggap sangat ideal untuk menanam varietas robusta, namun beberapa tahun terakhir varietas arabika juga semakin diperhatikan meski jumlahnya masih belum sebanyak robusta. Sejak awal tahun 2016 lalu, produksi kopi dan termasuk penjualan kopi-kopi Lampung meningkat cukup signifikan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.
Wilayah tumbuh: wilayah Lampung Barat, Lampung Tengah dan juga daerah Tanggamus

Kopi Sumatera merupakan salah satu varietas kopi yang berasal dari Sumatera yang bertekstur paling halus dan bercita rasa paling berat dan kompleks di antara beragam kopi di dunia. Sebagian besar kopi Sumatera diproses secara kering (dry-processed), tetapi sebagian lagi melalui proses pencucian ringan (semi-washed).
Kopi Sumatera sangat terkenal dengan Mandheling atau Lintong-nya yang tumbuh di pesisir selatan pulau Sumatera. Kopi Sumatera yang tumbuh lebih ke arah Barat dikenal sebagai kopi Gunung Gayo. Kopi Gayo Sumatera dideskripsikan sebagai kopi yang bercita rasa manis dan bersih. Ahli kopi yang ingin membeli kopi Sumatera biasanya melihat ketuaan dari biji kopi Sumatera. Biji kopi ini mengeluarkan rasa “tanah” dan “rempah”. Hal ini merupakan keunikan tersendiri biji kopi Sumatera sehingga membuatnya menjadi satu dari kopi yang paling dicari di antara jenis kopi yang ada di dunia  Kopi Sumatera adalah satu diantara varietas kopi yang datang dari Sumatera yang memiliki tekstur paling halus serta bercita rasa paling berat serta kompleks diantara bermacam kopi didunia. Beberapa besar kopi Sumatera diolah dengan cara kering (dry-processed), namun beberapa lagi lewat sistem pencucian enteng (semi-washed).
Kopi Sumatera begitu populer dengan Mandheling atau Lintong-nya yang tumbuh di pesisir selatan pulau Sumatera. Kopi Sumatera yang tumbuh lebih ke arah Barat di kenal sebagai kopi Gunung Gayo. Kopi Gayo Sumatera digambarkan sebagai kopi yang bercita rasa manis serta bersih. Pakar kopi yang menginginkan beli kopi Sumatera umumnya lihat ketuaan dari biji kopi Sumatera. Biji kopi ini keluarkan rasa “tanah” serta “rempah”. Hal semacam ini adalah kekhasan sendiri biji kopi Sumatera hingga membuatnya jadi satu dari kopi yang paling di cari diantara type kopi yang ada didunia.
Kopi Sumatera terbagi dalam sebagian kopi khas yang datang dari Negara Indonesia yang berlokasi di pulau Sumatera, sebagian misalnya yaitu kopi Lintong, kopi Lampung, kopi Aceh Gayo, serta yang paling akhir yaitu kopi Mandailing. Yang di mana ke empat kopi itu mempunyai ciri khas aroma serta rasa yang tidak sama, yang begitu unik serta begitu diperhitungkan permasalahan kwalitas dari biji kopinya itu.
Lantaran memanglah beberapa besar biji penghasil biji kopi yang berkwalitas tinggi di Indonesia yaitu datangnya dari Daerah Sumatera ini. Oleh karenanya juga tak heran bila kopi-kopi asal Sumatera ini begitu banyak type serta rasa-rasanya.
Kopi Lampung yang termasuk juga satu diantara Kopi Sumatera ini yaitu satu diantara kopi dengan kwalitas aroma serta rasa-rasanya yang tertinggi, yang di hasilkan oleh beberapa petani daerah lampung. Sisi Lampung Barat sekurang-kurangnya satu tahun bisa memanen 1, 5 ton per hektare.
Keseluruhan luas tanaman kopi di Lampung ditafsirkan meraih 162. 000 hektare, yang beberapa besar masyarakat asli orang-orang Lampung bermata pencaharian sebagai petani kebun kopi. Kopi Lampung di golongkan sebagai kopi robusta yang tanaman biji kopinya cuma bisa tumbuh dengan baik di ketinggian 400-700 mtr. di atas permukaan laut dengan temperatur sekitaran 21 hingga 24 derajat celcius.
Kopi Sumatera yang lain yaitu kopi sidikalang, nama kopi yang di ambil dari satu nama Ibu Kota Dairi yakni Kota Sidikalang yang terdapat didaerah pegunungan yang mempunyai ketinggian 1. 500 mtr. di atas permukaan laut. Gabungan dari udara dingin serta type tanah yang ada di daerah ini adalah argumen paling utama kenapa kopi sidikalang mempunyai cita rasa yang khas.
Sidikalang sendiri terdapat di daerah Sumatera Utara yang mempunyai tiga daerah penghasil kopi paling baik yakni Sidikalang, Mandailing, serta Lintong Nihuta. Contoh lain kopi sumatera yaitu Kopi Aceh, yang populer bakal aroma serta kesenangan yang khas, dari nama kopinya kita telah bisa simpulkan kalau kopi ini datang dari daerah Aceh, yang mana 40% produksi biji kopi di Indonesia datang dari Aceh.
Kopi gayo aceh yaitu kopi type ke empat dari kopi asal daerah Sumatera. Biji kopi yang di hasilkan dari dataran tinggi yang bernama Gayo Aceh yang populer bakal kopi arabika nya yang khas serta telah teruji sebagai satu diantara kopi paling baik didunia. Kopi ini telah ada mulai sejak awal era ke 10.
Keseluruhan perkebunan kopi Gayo Aceh ini meraih sekitaran 94. 500 hektare yang terdapat di Aceh. Tak heran biji kopi Indonesia hasil dari Gayo Aceh yang disebut satu diantara Kopi Sumatera ini jadi daerah yang menghasilkan biji kopi terbesar yang ada di Benua Asia.

2. SEJARAH KOPI SUMATERA


Indonesia di kenal sebagai penghasil kopi paling baik. Salah nya ialah kopi Sumatera. Tidak cuma didalam negeri, kopi Sumatera juga popular diluar negeri, terlebih di Amerika. Kopi Sumatra bahkan juga jadi satu diantara kopi paling laku di Negeri Paman Sam yang di kenal sebagai negera dengan tingkat mengkonsumsi kopi paling besar.
Kopi Sumatera sendiri mempunyai beragam jenis, seperti kopi Lintong, kopi Lampung, kopi Aceh Gayo, serta kopi Mandailing. Ke empat type kopi itu mempunyai kekhasan, aroma serta rasa yang tidak sama.
Kopi Lampung yang disebut satu diantara Kopi Sumatera memilki kwalitas aroma serta rasa-rasanya yang tertinggi. Kopi Lampung adalah kopi robusta yang tanaman biji kopinya cuma bisa tumbuh dengan baik di ketinggian 400-700 mtr. di atas permukaan laut dengan temperatur sekitaran 21 hingga 24 derajat celcius.
Kopi Sumatera yang lain yaitu kopi Sidikalang, Nama kopi ini di ambil dari nama Ibu Kota Dairi, yakni Kota Sidikalang yang terdapat didaerah pegunungan yang mempunyai ketinggian 1. 500 mtr. di atas permukaan laut.
Gabungan dari udara dingin serta type tanah jadi argumen paling utama kenapa kopi Sidikalang di Sumatera mempunyai cita rasa yang khas. Sidikalang sendiri ada di lokasi Sumatera Utara yang mempunyai tiga daerah penghasil kopi paling baik yakni Sidikalang, Mandailing, serta Lintong Nihuta.
Kopi Sumatera yang lain yaitu Kopi Aceh yang populer bakal aroma serta kesenangan yang khas. Kopi gayo aceh yaitu kopi type ke empat dari kopi asal daerah Sumatera. Biji kopi yang di hasilkan dari dataran tinggi yang bernama Gayo Aceh yang populer bakal kopi arabika nya yang khas serta telah teruji sebagai satu diantara kopi paling baik didunia. Kopi ini telah ada mulai sejak awal era ke-10.

3. FAEDAH KOPI SUMATERA


Indonesia adalah negara agraris yang satu diantara produksinya yaitu kopi. Kopi sudah jadi minuman keseharian untuk masyarakat Indonesia di manapun serta kapanpun. Bahkan juga saat ini kopi sudah jadi pola hidup sendiri lantaran banyak kafe-kafe atau kedai kopi yang menghidangkan kopi dengan style serta gengsi hingga banyak di nikmati oleh golongan urban.
Walau Indonesia yaitu negara produsen paling banyak didunia sesudah Brazil serta Vietnam tetapi masihlah begitu disayangkan masyarakat Indonesia semakin banyak konsumsi kopi instan dibanding kopi asli.
Kopi Sumatera adalah type kopi Indonesia yang paling populer serta sumber ekspor kopi Indonesia ke luar negeri. Banyak lokasi di Sumatera seperti Lampung, Bengkulu, Aceh, serta Sumatera Utara yang membuahkan biji kopi paling baik baik Arabika ataupun Robusta.
Konsumsi kopi sehari-hari nyatanya mempunyai faedah kesehatan sendiri untuk badan, salah nya ialah melindungi kesehatan jantung. Kopi juga mempunyai faedah kesehatan untuk wanita baik untuk penyakit ataupun kecantikan, apa sajakah faedahnya?
a. Kurangi kemungkinan kanker
Kanker endrometrium yaitu type kanker yang menyerang system reproduksi pada wanita serta tinggi resikonya dihadapi oleh wanita berumur diatas 30 th. atau sesudah menopause. Hasil riset di Amerika Serikat yang mempelajari wanita dengan umur 34-59 th. tunjukkan kalau wanita yang minum kopi sejumlah 4 gelas /hari kemungkinan terserang kanker endrometrium alami penurunan sejumlah 25% di banding yang minum kopi lebih sedikit atau tak minum kopi sekalipun. Jalinan kopi dengan penurunan kemungkinan kanker ini yaitu lantaran kopi bisa mengatur kandungan hormon insulin serta estrogen yang disebut satu diantara penyebab terjadinya kanker endrometrium.
Pada umumnya kopi dapat juga menghindar type kanker yang lain lantaran kopi mengandung zat anti-oksidan yang bisa menghindar perkembangan sel kanker. Walau demikian, mengkonsumsi kopi tak bisa sangat banyak atau melebihi dari 250 mg (lebih kurang 4 gelas) dalam satu hari. Sangat banyak kopi malah dapat bikin jantung berdebar, tremor, insomnia, serta susah buang air besar.
b. Tingkatkan memori
Dementia serta Alzheimer yaitu dua type penyakit memori yang semakin banyak berlangsung pada lanjut usia, walau tak tutup peluang berlangsung pada umur produktif. Menurut riset di Amerika Utara pada th. 2005 konsumsi 2 gelas kopi sehari-hari bakal bikin memori bertahan lebih lama serta bikin memori mempunyai periode waktu yang lama. Wanita lanjut usia yang pada saat produktif rajin konsumsi kopi bisa turunkan kemungkinan terserang Alzheimer serta Dementia.
c. Tingkatkan metabolisme serta membakar lemak
Untuk Anda yang tengah berdiet baiknya memasukkan kopi kedalam menu diet keseharian. Cafein pada kopi bisa tingkatkan metabolisme sejumlah 3-11% serta membakar lemak sejumlah 7% pada pasien obesitas. Dengan penambahan metabolisme jadi badan bisa menyerap nutrisi dengan baik serta buang zat bekasnya serta hindari penimbunan lemak serta cholesterol. Metabolisme yang lancar dapat juga membakar kalori dengan tambah baik serta memperlancar buang air besar.
d. Menghindar penuaan dini
Umur 30 th. yaitu umur di wanita tengah alami pucak produktivitasnya, sayangnya pada umur ini juga kulit mulai tunjukkan sinyal tanda penuaan. Sinyal penuaan pada kulit wanita yaitu timbulnya flek-flek hitam di muka, nampak garis-garis halus terlebih di dahi, ruang mata serta pada garis senyum. Penuaan awal sesungguhnya dapat dihindari salah nya ialah dengan kopi. Kopi mengandung anti-oksidan yang membuat perlindungan kulit dari radikal bebas. Radikal bebas mengakibatkan beberapa sel pada kulit memerlukan saat yang lama untuk beregenerasi hingga kesehatan kulit alami penurunan. Dengan anti-oksidan sel bisa ditukar dengan cepat hingga kulit dapat mulus lebih lama.

4. 10 FAEDAH KOPI BERDASAR PADA RISET DUNIA


a. Penelitan University of Sao Paulo, Brazil, temukan kalau kopi hitam jika diminum saat pagi hari bakal berguna untuk kesuburan pria.
b. Journal of Neurolgy 2002, lewat penelitiannya menyimpulkan kalau konsumsi kopi kian lebih 5 gls/hari bisa tingkatkan kandungan trigliserida serta cholesterol jahat pada badan.
c. Menurut Harvard Women’s Health, mengkonsumsi kopi sebagian cangkir satu hari bisa kurangi resiko diabetes type 2, batu ginjal serta kanker usus besar.
d. Riset American Association for Cancer Research Frontiers 2009 menyebutkan kalau peminum kopi (pria) lebih kecil 60% berisiko terserang kanker prostat.
e. Menurut hasil riset yang di uraikan dalam Journal of the American at the Society for Reproductive Medicine, Kopi hitam bisa merangsang sperma pria berenang lebih cepat hal semacam ini otomatis beresiko baik berkaitan tingkat kwalitas sperma pria.
f. International Journal of Dermatolog Menyebutkan kalau Cafein yang terdapat dalam kopi bisa merangsang perkembangan folikel kecil di kulit kepala pria yg alami kerontokan rambut.
g. Beberapa peneliti dari University of Athens, temukan kalau dengan minum kopi sehari-hari bisa tingkatkan elastisitas pembuluh darah.
h. Pada th. 2011, peneliti Harvard temukan kalau wanita yang minum sebagian cangkir kopi sehari-hari mempunyai resiko lebih kecil terserang kanker rahim.
i. Menurut satu studi Kedokteran Harvard School (2009) Minum kopi bisa turunkan resiko stroke sebesar 19 % pada wanita.
j. Satu studi pakar saraf di University of Lisbon temukan kalau minuman kopi bisa menghindar degenerasi saraf berkaitan dgn masalah otak serta penuaan.

Komentar